Rabu, 03 Januari 2018

Lubang Sewu Wonosobo

Lubang Sewu
Grand Canyon Ala Wonosobo




Selain Telaga Menjer, Bukit Seroja dan Perkebunan Teh Tambi, saat berada di Wonosobo, Anda bisa mengunjungi tempat wisata Lubang Sewu yang berada di Desa Erorejo Kecamatan Wadaslintang Wonosobo. Untuk menuju ke destinasi ini Anda harus menuju ke area perbatasan antara Wonosobo dan Kebumen.  Lubang Sewu dibuka sebagai tempat wisata di tahun 2015. Kemunculannya di peta wisata Wonosobo terbilang belum lama, namun popularitas melampaui tempat-tempat wisata yang sudah ada sebelumnya. Semuanya berawal dari foto-foto indah yang tersebar di media sosial, cerita dari mulut ke mulut, hingga jadilah Lubang Sewu seperti saat ini.


Lubang Sewu sendiri sebenarnya merupakan salah satu bagian dari tepian waduk Wadaslintang yang berada di desa Erorejo. Ada satu pesona tersembunyi yang ternyata tersimpan di tempat ini. Saat musim kemarau tiba dan air waduk akan surut, maka terlihatlah bongkahan batu-batu putih nan eksotik, dengan banyak sekali lubang di permukaannya. Itulah Lubang Sewu. Masyarakat menamainya demikian karena begitu banyak lubang ada di batu-batu putih itu, Lubang Sewu artinya adalah Lubang Seribu.
Sejak awal, waduk Wadaslintang adalah surga bagi para pemancing. Saat air waduk pasang, lubang-lubang batuan kapur adalah habitat yang menyenangkan bagi ikan. Jenis ikan yang paling banyak ditemui di Waduk Wadaslintang adalah ikan nila, meskipun ada juga jenis ikan lain seperti patin dan red devil.


Saat musim kemarau tiba dan air waduk surut, pesonanya kian bertambah dengan bongkahan-bongkahan batuan alami yang saat difoto akan terlihat indah. Tak heran jika tempat ini kerap dijadikan lokasi foto pranikah atau pre-wedding photo. Batu-batuan alam yang berwarna putih indah ini juga yang menjadikan Lubang Sewu dijuluki Grand Canyon mini ala Wonosobo.
Jadi, jika anda tertarik berkunjung ke sini, sebaiknya lakukan kala air waduk sedang surut, kala musim kemarau. Agar anda tak hanya menyaksikan waduk Wadaslintang tetapi juga Lubang Sewu yang eksotis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar