Kamis, 04 Januari 2018

Rumah Teletubbies/Rumah Dome Sleman

Ada Rumah Teletubbies di Sleman

Tak jauh dari Taman Tebing Breksi, ada rumah dome/teletubbies terletak di desa New Ngelepen, desa Sumberharjo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman. Rumah Domes atau Domes for The World pada awalnya dibangun sebagai tempat tinggal pengganti dan sementara bagi korban bencana gempa yang melanda Yogyakarta dan sekitarnya pada tahun 2006. Gempa besar tersebut menghancurkan satu desa dan sudah tidak dapat dibangun lagi karena kondisi tanahnya amblas. Arsitektur rumah berbentuk kubah ini dirancang tahan terhadap gempa dan tahan terhadap api bila terjadi kebakaran. Dana pembangunan rumah ini berasal dari luar negeri dan rumah ini diberikan secara cuma-cuma kepada warga satu desa yang kehilangan tempat tinggalnya.





            Seluruh bangunan yang berada di kampung tersebut menggunakan desain rumah yang sama berbentuk separuh bola atau dome (kubah). Bentuk rumah tersebut memiliki kemiripan dengan rumah boneka dalam serial anak-anak yang pernah diputar di televisi nasional yaitu Teletubbies. Saat ini Domes for The World dibuka menjadi desa wisata. Ada sekitar 82 dome yang disulap menjadi desa warna-warni dan dihias gambar-gambar lucu dan unik.  Rumah dome ini berupa hunian, fasilitas umum, dan homestay. Dan Anda bisa berkunjung ke kampung teletubbies, satu-satunya yang ada di Indonesia.





            Pengunjung desa wisata Rumah Domes dapat berkeliling kawasan pemukiman untuk melihat keunikan bangunan rumah setengah bola tersebut.  Rumah ini terdiri dari dua lantai dengan luas bangunan sekitar 38 meter persegi. Ruang bawah biasanya digunakan untuk ruang tamu, ruang makan, kamartidur sebanyak 2 ruang dan dapur. Sedangkan lantai atas digunakan untuk ruang keluarga. Rumah ini memiliki desain dua pintu yaitu bagian depan dan belakang, dua pintu kamar, serta empat buah jendela yang terletak di bagian depan dua buah dan kamar tidur dua buah. Selain itu pada bagian puncak domes terdapat ventilasi yang berfungsi untuk mengalirkan udara ke dalam rumah.
            Setiap rumah domes dilengkapi dengan sarana saluran air di dapur. Namun kekurangan dari rumah tipe ini adalah karena kamar mandi terletak di luar rumah. Kamar mandi terletak pada lokasi yang berbeda yang terdiri dari 8 kamar mandi untuk digunakan secara bersamaan. Lokasinya berada di tengah-tengah blok dan berfungsi melayani 12 unit rumah di sekitarnya.




            Paket wisata yang ditawarkan di antaranya adalah permainan seperti badut teletubbies, permainan tangkap belut, estafet air, bakiak, snow ball. Selain itu pengunjung juga bisa tracking ke peternakan, Belik Wunut, dan tanah ambles. Berbagai kegiatan edukasi seperti pemutaran video gempa, melihat proses pembuatan roti brownis, pembuatan cindera mata, outbond hingga kesenian seperti; ronda tek-tek, karawitan, jatilan, jingga campursari. Kompleks Rumah Dome juga menyediakan kereta kelinci. Kereta kelinci ini akan membawa wisatawan berkeliling komplek menyaksikan keunikan perumahan di sini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar