Rabu, 03 Januari 2018

Batu Caves Malaysia

Menelusuri Gua Kapur di Batu Caves




MALAYSIA punya banyak tempat wisata menarik. Jika sedang berada di Kuala Lumpur, Anda bisa mengunjungi Selangor,  berada di distrik Gombak, sekitar 13 km di sebelah utara Kuala Lumpur. Selangor punya satu objek wisata andalan bernama Batu Caves,  gabungan wisata alam dan wisata religi.  Untuk berkunjung ke kawasan ini, Anda bisa naik KTM komuter train dari KL Sentral ke Batu Caves komuter station atau mencoba menggunakan monorail dari KL Sentral menuju Titiwangsa Station. Dari sana, Anda bisa melanjutkan dengan naik bus menuju Batu Caves. Pilihan lainnya adalah naik bus intrakota nomor 11D dari Central Market atau bus cityliner nomor 69 dari Jalan Pudu menuju Batu Caves. Jam Operasional Batu Caves mulai pukul 06.00 hingga 21.00 waktu Malaysia. 


            Batu Caves sangat terkenal bukan saja karena letaknya yang strategis dan mudah dijangkau. Tapi tempat peribadatan ini memiliki satu ikon populer yaitu patung Dewa Murugan yang tingginya mencapai 43 meter, yang merupakan patung Dewa Hindu tertinggi di dunia. Dari kejauhan atau dari tepi jalan raya, Anda sudah bisa melihat patung ini berdiri dengan latar belakang bukit yang indah. Di halaman depan Batu Caves, Anda akan menemukan ribuan burung dara yang siap menjadi objek foto. Lokasi ini memang telah menjadi sebuah situs ziarah bagi umat Hindu tidak hanya di Malaysia, tetapi umat Hindu di seluruh dunia dari negara-negara seperti IndiaAustralia dan Singapura.
            Batu Caves sendiri merupakan gua batu atau gua alam yang berada di bukit dengan ketinggian 120 meter di atas permukaan laut. Pergeseran yang terjadi di permukaan bumi selama ribuan tahun membuat rekahan-rekahan yang ada akhirnya membentuk tiga gua utama dan beberapa gua kecil di bukit yang terbuat dari batu marmer ini. Di dalam Batu Caves terdapat 3 spot, yaitu Temple Cave atau Cathedral Cave, Cave Villa, dan Ramayana Cave.


            Untuk mengunjungi Temple Cave, Anda tidak dipungut biaya. Namun, jika ingin masuk ke Cave Villa, Anda harus membeli tiket seharga RM 15 dan  untuk  Ramayana Cave (RM 5). Anda juga bisa mengikut tur edukasi (dewasa RM 35, anak-anak RM 28), tur petualangan (dewasa RM 80, anak-anak RM 55). Kenakan baju yang sopan saat berada di tempat ini. Terutama bagi perempuan,  jangan memakai celana pendek. Karena para pendeta wanita yang berjaga di anak tangga akan langsung menegur dan mewajibkan menyewa kain penutup seharga RM 3 (Rp 10.000). Saat berada di sini, pendeta Hindu akan mengajak bersembahyang meski pengunjung tidak beragama Hindu. Di dahi pengunjung juga akan ditempeli semacam cap atau tanda yang biasa disebut Hindi.  Pengunjung bisa berfoto bersama sang pendeta yang ada di sini.

Habitat Laba-Laba Langka

            Temple Cave atau Cathedral Cave merupakan gua utama (main cave). Gua ini cukup luas sehingga dijadikan tempat utama berlangsungnya upacara-upacara umat Hindu Tamil Malaysia. Selain itu di pelataran bawah terdapat patung Lord Murugan (Dewa Hindu)  raksasa dan patung Hanoman yang berada di sebelah pintu masuk pelataran Batu Caves. Untuk mencapai gua yang terbesar ini kita harus menaiki anak tangga yang jumlahnya mencapai 272 buah. Sebelum mencapai tempat tersebut, sepanjang anak tangga menuju ke gua, Anda akan disambut oleh monyet-monyet berekor panjang yang senang dengan makanan yang Anda bawa, seperti kacang dan pisang (dapat dibeli di beberapa warung di sekitar pelataran bawah). Di puncaknya, Anda dapat melihat pemandangan pusat kota yang indah.


            Sementara itu, pintu masuk Dark Cave dapat Anda temukan di tengah perjalanan menuju Temple Cave.  Dark Cave merupakan tempat habitat laba-laba terlangka di dunia,  Trapdoor Spider. Gua terpanjang, Dark Cave memiliki kedalaman 360 meter, sedangkan gua utama yaitu Main Cave memiliki kedalaman 170 meter dan ketinggian mencapai 100 meter, dihiasi cahaya matahari yang menerobos ke dinding gua melalui celah-celah kecil yang ada di atasnya. Stalaktit menonjol dari langit-langit gua dan stalagmit muncul dari dasar gua yang membentuk formasi rumit seperti tirai gua, aliran batu, mutiara dan kerang gua yang memakan waktu ribuan tahun untuk terbentuk


            Objek wisata Batu Cave juga menawarkan petualangan di dalam gua disertai edukasi sains. Anda bisa mengikuti tur edukasi yang berlangsung selama 45 menit. Tour guide akan memberikan helm dan senter. Anda akan diajak melihat susunan batu-batu gua, kelelawar, dan merasakan ribuan kecoa melewati kaki kita. Sedangkan untuk tur petualangan yang berdurasi 3-4 jam, Anda akan diajak berbasah-basahan dan melewati celah-celah gua yang sempit. Tur ini hanya ada di hari Sabtu dan Minggu, serta berlaku bagi usia 12 tahun ke atas. Namun, untuk mengikuti tur petualangan, Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu satu minggu sebelumnya dengan mengirim e-mail ke info@cave-management.com.



            Jika Dark Cave terlalu menakutkan dan menaiki 272 anak tangga dirasa terlalu melelahkan, Anda bisa mengunjungi Cave Villa yang berada di kaki gua. Cahaya warna-warni menerangi sepanjang gua yang memajang berbagai lukisan patung, puisi, dan tokoh-tokoh dari mitologi Hindu. Ada pula plakat-plakat bertuliskan kata-kata bijak dan kotak-kotak kaca berisi berbagai jenis ular dan reptil. Tempat menarik di Batu Caves yang lainnya adalah Ramayana Cave, terletak tak jauh dari patung Hanoman. Seperti namanya, gua ini dipenuhi oleh patung-patung dan adegan-adegan dari kisah epik Ramayana. Di luar gua terdapat sebuah patung sapi berkaki lima, yang dulu pernah hidup bebas di sekitar gua hingga meninggal karena usia tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar