Rabu, 03 Januari 2018

Hutan Pinus Kragilan

Berfoto Hits di Hutan Pinus Kragilan



            Magelang masih menyimpan potensi wisata alam yang lain.  Top Selfie Pinusan Kragilan adalah salah satu objek wisata di lereng Merbabu yang akhir-akhir ini banyak diperbincangkan.  Lokasi tempat wisata ini berjarak 5 kilometer dari Ketep Pass. Jika, Anda melakukan perjalanan dari Ketep Pass arahnya masih terus naik, menuju arah ke Kopeng. Tempat ini resmi dibuka untuk umum pada Mei 2015.


            Terletak di Dusun Kragilan, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang tempat wisata ini menawarkan keindahan dan kesejukan hutan pinus di lereng Merbabu. Top Selfie Pinusan Kragilan ini diserbu wisatawan yang sebagian besar adalah remaja yang hobi selfie atau berfoto-foto.  Spot yang paling banyak disukai pengunjung adalah di sepanjang jalan turunan selepas pintu masuk menuju tempat parkir, berupa jalan panjang dengan pohon-pohon pinus pada sisi kanan dan kiri jalan.
            Sementara lokasi lainnya ada di tengah- tengah hutan pinus. Sejumlah fasilitas seperti ayunan dan rumah panggung juga menjadi tempat menarik untuk foto-foto serta bersantai menikmati keindahan dan kesegaran tempat wisata ini. Jika tidak ingin hanya duduk-duduk, Anda dapat berjalan menjelajah hutan ini.

            Pada awalnya hutan pinus ini tidak terlampau populer dan nyaris tidak terlihat dari jalan raya. Warga Kragilan yang berinisiatif untuk bersama mempromosikan tempat ini, sementara pengelola memberinya nama Top Selfie untuk lebih banyak menarik pengunjung. Warga sendiri yang membuat struktur organisasi pengelola, di mana mereka yang termasuk pengelola mengenakan semacam seragam berwarna biru-hitam dan kemudian berbagi tugas, mulai dari mengatur jalan, menjaga loket masuk, menjaga tempat parkir dan bahkan ada yang menjadi pemandu di lokasi ini.
            Lokasi ini dibuka mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Warga melarang pengunjung untuk menginap atau mendirikan tenda di lokasi ini.  Pengunjung hanya perlu membayar Rp.10.000,00 jika membawa mobil dan Rp.3.000,00 jika membawa motor. Di sini Anda juga bisa melakukan kegiatan flying fox hanya dengan biaya sebesar Rp.10.000,00.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar