Minggu, 11 Januari 2015

Pasar Karat di Malaysia


Berburu ‘’Harta Karun’’ di Pasar Karat


 Jika Anda sering mengunjungi Malaysia dan sudah bosan mengunjungi sejumlah tempat wisata di sana,  ada alternatif tempat untuk menghabiskan waktu. Anda bisa ‘’blusukan’’ di pasar barang-barang seken. Di Malaysia ada sejumlah pasar yang menjual barang seken atau istilah kerennya flea market,  atau orang Malaysia sendiri menyebutnya dengan pasar karat. Namun, Anda jangan buru-buru underestimate dengan barang-barang seken  yang dijual di sana. Karena banyak barang seken yang masih bagus serta layak pakai. Bahkan jika Anda beruntung, Anda bisa mendapatkan ‘’harta karun’’ yang tak ternilai harganya.




Jika sedang berada di Kuala Lumpur, ada dua flea market terkenal yang bisa Anda kunjungi. Yang pertama pasar karat, tak jauh dari Petaling Street atau China Town. Pasar ini buka setiap hari pukul 06.00-10.00 waktu setempat. Sebaiknya Anda pergi ke sana pada hari Minggu karena jumlah pedagangnya lebih banyak daripada hari biasa. Dan, pastikan datang awal sebelum pukul 09.00 karena kebanyakan peniaga sudah mulai pulang pada pukul 09.00. Pasar ini dulunya dikenali sebagai "thieves market" karena banyak menjual barang-barang curian, dan mulai buka pada pukul 05.00. Pada masa itu, pembeli harus membawa lampu senter untuk melihat barang yang dijual. Namun sekarang, pasar karat ini sudah berubah image.


Selain pasar karat di Petaling Street, Kuala Lumpur juga memiliki Amcorp Mall Flea Market. Di sini dijual uang-uang kuno.  Amcorp Mall Flea Market dibuka pada hari Sabtu dan Minggu pukul 09.00-18.00. Di sini, Anda juga sebaiknya datang  pada hari Minggu. Hanya saja jika datang lewat tengah hari, pasar ini sudah sesak oleh pengunjung. Jika Anda membawa mobil, ongkos parkir di Amcorp, cukup mahal.  Di pasar yang sudah ada sejak tahun 1997 ini ini Anda akan memdapatkan barang-barang kuno, antik, dan barang seken, seperti kartu pos, perangko, dokumen antik, buku, tembikar lama, seterika tembaga, meja, almari, kursi, mainan  anak, jam kuno dan masih banyak lagi.  
Jika jeli, Anda bisa menemukan berbagai ‘harta karun‘ dari zaman baheula, seperti aksesori klasik model victoria, koper tua, tas dan dompet kulit, kamera analog, lampu hias, kaset-kaset lagu lama, plat, mesin ketik, telepon, hingga jam antik jika Anda sabar melihat satu persatu kios di sana. Memang, dibutuhkan kesabaran ekstra untuk mencari barang yang sesuai selera dan masih dalam kondisi 90% baik. Namun, tak perlu khawatir, sebab masing-masing kios menata barang dagangan dengan cukup  apik. Harganya beragam, tergantung dari jenis barangnya. Dari kisaran puluhan ribu hingga ratusan ribu bahkan jutaan rupiah.


Barang Singapura


Selain Kuala Lumpur, Johor Bahru juga memiliki pasar karat. Di tempat ini, bukan hanya orang Indonesia saja yang memburu barang bekas seperti baju dan jaket, orang Johor Bahru pun suka memburu barang-barang seken yang masih layak pakai.
Selain Johor Bahru, kota Batu Pahat juga mempunyai flea market bernama Pasar Rengit. Kota Batu Pahat sendiri bisa ditempuh sekitar 30 kilometer dari Kuala Lumpur. Saat berada di sana, Anda jangan tertipu dengan penampilan tempat yang agak ‘’kumuh’’. Dari luar mungkin akan terlihat seperti pasar loak biasa. Namun, di pasar karat ini Anda bisa menemukan aneka barang bekas yang sungguh tak terduga mulai dari  barang-barang elektronik, seperti blender dan mixer, peralatan pertukangan, spare part motor, mesin pemotong rumput, kompresor diesel, dan sebagainya. 





Penjual barang seken di Pasar Rengit ini kebanyakan  penduduk asli daerah yang juga dikenal sebagai orang kuala oleh masyarakat setempat. Barang yang dijual di sini, kebanyakan dibawa masuk dari Singapura. Orang Singapura biasanya menggunakan barang-barang rumah tangga dalam jangka waktu tertentu. Sebagai contoh setelah lima tahun, orang Singapura akan mengganti barang lama dan mengganti dengan yang baru. Dan pedagang di Pasar Rengit yang bersedia menerima barang seken tersebut.
Di sini Anda harus pandai-pandai menawar. Dan jika Anda membeli barang untuk dibawa  ke Indonesia, pilih barang-barang yang bisa diangkut pesawat. Misalnya saja, biola, gitar atau barang-barang kecil lainnya yang kondisinya masih bagus yang harganya tak sampai seratus ribu.
Dari Pasar Rengit, Anda juga bisa berburu ‘’harta karun’’ di pasar karat di kawasan Memory Lane ipoh, atau pusat kota Ipoh, Perak, Malaysia. Di samping tempat menjual barang bekas, pasar karat Ipoh juga di jadikan tempat untuk mengisi liburan oleh sebagian masyarakat di sini dan juga para pelancong dari berbagai negara. 





Arena pasar pagi Ipoh  juga menjadi salah satu tempat favorit untuk mengisi liburan bagi para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di sekitar kawasan tersebut. Harga barang yang dijual pun mudah terjangkau oleh kantong yang pas-pasan. Barang-barang yang dijual di sini bermerek dan memiliki kualitas yang bagus untuk ukuran barang yang sudah punya label "bekas". Mungkin inilah alasan pengunjung  mendatangi pasar Ipoh meski baru dibuka  pada pukul 18.00, dan  tutup pukul 02.00 tengah malam. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar