Sabtu, 06 Mei 2017

Bukit Aleaddin Konya

Masjid di Area Kastil

            


Berjarak sekitar 300 meter dari Mevlana Museum, juga terdapat makam salah satu sufi besar di kota ini, yaitu Syamsi Tabriz, guru spiritual dari Maulana Jalaluddin Al-Rumi. Dan tak jauh dari makam Syamsi Tabriz terdapat sebuah bukit bernama Bukit Aladdin (Aleaddin Tepesi) yang menjadi saksi sejarah Kesultanan Seljuk. Aleaddin merupakan nama salah satu sultan yang memerintah di Kesultanan Seljuk. Di atas bukit inilah dahulunya istana Kesultanan Seljuk didirikan. Saat ini sedang diadakan penggalian untuk mencari sisa-sisa peninggalan istana.


            Di atas Bukit Aladdin juga terdapat masjid peninggalan abad ke-13 (dibangun tahun 1235) dan masih dipakai sampai sekarang untuk tempat beribadah. Masjid Alaaddin atau Süleymaniye memang sangat sederhana. Dinding luar masjid ini tidak memakai cat. Terlihat tumpukan rapi batubata merah yang direkatkan oleh semen. Kubah dan menara yang mengukuhkan bentuk masjid ini seperti layaknya masjid-masjid Turki yang lain. Di dalam ruangan masjid yang berbentuk segi empat dengan cat polos berwarna krem ini, tak ada ornamen hiasan atau mozaik di dalamnya. Hanya ada beberapa kaligrafi yang menempel di dinding dan satu unit lampu gantung yang berfungsi untuk penerangan di malam hari.


Masjid Süleymaniye atau Aleaddin ini dikelilingi oleh area pekuburan. Terdapat sembilan makam dari para sultan Kesultanan Seljuk.   Oleh karena itu sampai sekarang masjid ini terkenal dengan nama Masjid Süleymaniye.  Karena masjid ini berada di area kale (castle), ada pula yang menamainya Masjid Kale.

            Penghijauan yang dilakukan pemerintah setempat, telah membawa Bukit Aladdin menjadi tempat rekreasi keluarga untuk melepas penat terutama di hari libur. Dari bukit ini pengunjung bisa melihat pemandangan Afra Kulesi (Afra Tower) sekaligus menikmati hidangan lokal dari restoran yang ada di sekitar Bukit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar