Jumat, 15 April 2016

Tips Berwisata Ke Gili Trawangan

Tips Berwisata ke Gili Trawangan 



* Transportasi

Cara mudah untuk mencapai Gili Trawangan adalah dengan menaiki speedboat dari Bali. Anda bisa berangkat dari Tanjung Benoa, Padang Bai, Sanur, atau Pulau Serangan. Jika Anda ingin berhemat, Anda harus lewat Pelabuhan Bangsal, Lombok. Dari Pelabuhan Bangsal, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Gili Trawangan dengan naik public boat dengan biaya Rp15 ribu per orang dan lama perjalanan sekitar 30 menit. Kapal paling pertama berangkat pukul 08.00 dan paling terakhir pukul 17.00 WITA. Jadwal kapal ini dapat berubah tergantung kondisi cuaca.




Jika Anda tidak berencana menginap di Gili Trawangan, disarankan agar Anda berangkat ke Gili Trawangan pada pagi hari dan kembali ke Lombok pada sore hari sebelum pukul 17 WITA.


* Akomodasi

Terdapat banyak pilihan akomodasi di Gili Trawangan, mulai dari homestay seharga Rp100.000 per malam hingga resort jutaan rupiah. Namun homestay atau jenis penginapan murah tidak bisa dipesan secara online. Anda harus datang dan memesan langsung di sana. Jika waktu liburan Anda bertepatan dengan waktu liburan penginapan jenis ini akan penuh. Jika Anda memiliki budget yang lebih, disarankan agar Anda memesan penginapan pada hotel berbintang lima. Karena Anda akan mendapatkan fasilitas perahu motor yang akan menjemput dan mengantar Anda  ke Gili Trawangan. Jika Anda ingin menginap di penginapan yang harganya terjangkau, perstikan Anda menanyakan pada pihak penginapan apakah mereka menggunakan air tawar untuk keperluan kamar mandi. Karena beberapa penginapan menggunakan air laut untuk keperluan tersebut.


* Aktivitas

Aktivitas utama di Gili Trawangan adalah snorkeling atau diving. Namun, jika Anda tidak suka keduanya, Anda bisa berjalan kaki menjelajahi pulau sambil menikmati keindahan pantai dan lautnya, berkeliling naik cidomo (alat transportasi lokal mirip dokar atau delman) atau sekadar bersantai di pinggir pantai sambil membaca buku dan menikmati sunrise serta sunset yang sangat indah. Kendaraan bermotor tidak boleh beroperasi sehingga udaranya tergolong nyaman. Jika Anda ingin snorkeling, banyak operator tur lokal yang dapat menyediakannya. Anda bisa dengan mudah menemuinya di sepanjang pantai utama. Sementara, tarif yang dikenakan pun tergolong cukup bervariasi, mulai dari Rp150.000 untuk durasi 3 jam, termasuk makan siang dan kapal. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Taman Konservasi Penyu.






* Kuliner dan Fasilitas Umum

Masih merupakan bagian dari Lombok, kuliner di Gili Trawangan pun tak jauh berbeda, yaitu Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung. Anda akan menemukan warung makan kecil hingga kafe dan restoran. Untuk menemui warung makan kecil dengan harga murah, Anda harus masuk ke dalam gang-gang, sementara kafe dan restoran dengan mudah ditemui di pinggir pantai.Salah satu warung kecil yang cukup terkenal adalah warung milik Bu Dewi yang terletak di dalam gang di dekat pelabuhan. Selain itu, ada pula penyewaan sepeda. Jika Anda merasa biaya keliling naik cidomo terlalu mahal sekitar Rp150.000 per sekali keliling dengan kapasitas penumpang hingga 6 orang, sewa sepeda hanya berkisar antara Rp50.000—75.000 per hari.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar