Selasa, 14 Agustus 2018

The Heritage Palace Solo


Berfoto Ala Al Capone

            Selain Pabrik Gula Colomadu, Anda juga bisa mengunjungi bekas Pabrik Gula Gembongan atau disebut juga Pabrik Gula Kartasura yang didirikan pada tahun 1892 peninggalan era Kerajaan Mataram Islam. Pabrik ini juga direvitalisasi menjadi wahana wisata yang diberi nama The Heritage Palace. PG. Gembongan yang dulu merupakan pabrik gula, dan sempat dijadikan tempat menyimpan tembakau, kini  kembali bergeliat. Secara fisik, bangunan PG Gembongan seperti istana di Eropa. Klasik dan megah.
            The Heritage Palace  berada di Jl Permata Raya Dukuh Tegal Mulya Rt 02/ RW 08, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo. Jarak dari kota Surakarta ke lokasi ini sekitar 10 kilometer saja yang dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 30 menit Lokasi ini lebih mudah ditemukan mengunakan Googlemap dengan nama PG Gembongan. Jam buka The Heritage Palace setiap harinya pada pukul 09:00 – 21:00 WIB. Akan lebih asyik jika mengunjungi tempat ini ketika sore hari saat lampu dihidupkan. Untuk masuk ke sini, Anda harus membayar Rp 55 ribu termasuk tiket ke Museum 3D.
            Pendiri PG Gembongan adalah Belanda. Karena gula adalah komoditas terbaik untuk dijual saat itu bagi penjajah Belanda. Wilayah di sekitar PG Gembongan/The Heritage Palace sekarang menjadi pemukiman penduduk yang padat. Catatan terbaik untuk melihat sejarah lengkap PG Gembongan ada di Universitas Leiden atau Museum Troppen Belanda.
            Berada di The Heritage Palace, selain menikmati bangunannya yang megah dan artistik, Andabisa berfoto-foto di dekat mobil antik  bagaikan sedang berada di Museum Angkut Malang. Ada beberapa merek mobil klasik terpajang di sana, seperti Dodge, Chevrolet, Mercedes dan masih banyak lagi. Anda bisa bergaya ala Al Capone di sana.
            Ada juga zona yang berisi koleksi furnitur jadul yang sangat unik. Ada juga outdoor garden tempat, taman yang didesain dengan sempurna untuk bersantai wisatawan. Tumbuhan hijau yang dipadukan dengan bangunan unik merpakan pemandangan indah di lokasi ini. Selain itu  juga terdapat museum 3D Trick Art & Omah Kwalik, Garden Retro Paradise, Convention Hall, Kids Town & Food Street. Bagi wisatawan yang gemar foto selfie, tempat ini sangat tepat untuk dikunjungi.
Bahkan lokasi ini juga merupakan tempat romantis untuk foto prewedding di Solo, Jogja dan sekitarnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar