Jumat, 26 Juni 2015

Gangnam Seoul



Belanja, Nongkrong dan Berburu Artis di Gangnam


Kesuksesan hits ‘’Oppa Gangnam Style’’ yang dinyanyikan PSY membuat Gangnam, salah satu distrik elite di Korea Selatan, mendunia. Wisatawan dari berbagai negara, penasaran  berkunjung ke sini.

            SEBELUM mendunia lewat lagu, distrik Gangnam atau disebut Gangnam-Gu yang lokasinya di selatan Sungai Han ini memang sudah ngetop di Korea Selatan. Selain dikenal sebagai pusat bisnis dan pendidikan, Gangnam juga populer sebagai pusat hiburan dan belanja. Terdapat berbagai pusat perbelanjaan kelas atas, restoran mewah, klinik bedah plastik dan salon kecantikan, rumah konglomerat dan artis Korea, pusat kesenian, museum kimchi dan masih banyak lagi.
            Anda berniat mengunjungi Gangnam? Anda bisa mengakses distrik ini melalui Stasiun Gangnam (via Seoul Subway Line 2), dan keluar di Exit 10 atau 11. Selain itu, distrik ini juga dilayani oleh Seoul Subway Line 3, Seoul Subway Line 7, Seoul Subway Line 9, Bundang Line, dan Shinbundang Line. Saat mengunjungi Gangnam, Anda tak perlu bingung karena di beberapa lokasi seperti halte bus terdapat billboard panduan ‘’Gangnam 4 Style’’ tentang apa yang bisa Anda lakukan di sini, lengkap dengan peta lokasi empat area, yaitu fashion & shopping, food and taste, culture & history, serta relaxation & entertainment.
            Sebaiknya mengunjungi kawasan Gangnam pada malam hari. Karena Anda bisa melihat lebih jelas pesona serta glamournya kehidupan di sini.  Distrik ini membuat wisatawan betah untuk jalan-jalan, belanja serta nongkrong karena kawasan ini ditata dengan  apik, pohon-pohon dihias lampu kerlap-kerlip menghadirkan suasana romantis, dan pemandangan billboard dan neonsign yang memanjakan mata.




            Tempat wajib yang harus Anda kunjungi di distrik borjuis ini adalah Apgujeoung-dong dan Cheongdam-dong, yang letaknya tepat di pintu masuk distrik Gangnam. Di Apgujeoung-dong atau sering disebut juga dengan Rodeo Street merupakan pusat fesyen nomor satu di Korea Selatan yang ada sejak tahun 1990-an. Dulu, Rodeo Street hanya menjadi tempat nongkrong warga kelas atas Korea yang hobi mengenakan busana mewah dan mengendarai mobil impor. Sekarang, tempat ini berubah menjadi kawasan tren fashion bagi kawula muda Korea.


            Sepanjang Rodeo Street dipenuhi butik-butik berarsitektur unik.  Salah satu tempat yang menjadi landmark di Rodeo Street adalah The Galleria Luxury Hall yang menyediakan berbagai fashion item merek internasional seperti Prada, Armani, Gucci, Versace dan masih banyak lagi. Setiap toko mempunyai harga yang bervariasi. Jika telaten memasuki toko satu persatu, Anda bisa membandingkan harga dan mencari yang paling murah. Jika Anda tak punya banyak uang, datanglah ke Rodeo Street pada periode bulan Januari, April, Juli, Oktober dan Desember, di mana  hampir semua toko mematok diskon 20-30 persen untuk setiap item. Solusi lainnya dengan mengunjungi toko yang menjual barang secondhand yang juga banyak terdapat di Rodeo Street. Seperti toko O’ore yang menjual barang-barang bekas dari Italia dan dijual dengan harga diskon hingga 70 persen. Sementara itu, ada juga toko-toko yang menyediakan barang murah. Misalnya pakaian dengan harga 50.000 – 100.000 Won. Dengan desain yang unik dan kualitas baik, toko-toko ini banyak digandrungi muda-mudi Korea, termasuk para wisatawan.


            Bagi penyuka barang-barang imitasi merek terkenal, jangan khawatir beberapa sudut toko di Rodeo Street juga menyediakannya. Beberapa toko lain yang bisa Anda kunjungi Olive They City, toko yang menyediakan pakaian-pakain vintage ala Jepang dan N Trend Project, toko tas dan sepatu, atau Burt’s Bees Apgujeoung Store yang menjual perawatan kecantikan wajah dan tubuh.




            

Puas berbelanja, Anda bisa menyantap sajian-sajian khas Korea di restoran yang tersebar di kawasan ini. Ada kafe dengan memadukan konsep jazz, restoran spesial masakan Italia, Jepang, Thailand dan sebagainya. Anda juga bisa mengunjungi salon dan klinik kecantikan yang melayani bedah plastik serta perawatan kecantikan. Di sekitar Gangnam ada sekitar 500 klinik kecantikan. Anda bisa melakukan operasi mulai dari membesarkan payudara, membesarkan kelopak mata, hingga mengubah bentuk rahang.

Berburu Artis Idola

            Dari Rodeo Street, Anda bisa menyusuri Cheongdam-dong. Cheongdam hanyalah sepenggal jalan sempit di kawasan Apgujeoung. Di kiri-kanannya  berdiri kafe, toko, dan kantor dalam bentuk yang nyaris seragam, kotak. Sejak gelombang Korea (hallyu wave) melanda dunia, Cheongdam-dong Street menjadi terkenal dan para turis penasaran untuk berkunjung ke kawasan ini.  Tak heran jika pemerintah Korea Selatan  memoles kawasan ini menjadi lokasi wisata resmi dengan nama K-Pop Street.
            Beberapa kantor manajemen artis K-Pop (JYP, Cube, SM Entertainment), studio tempat bintang K-Pop tampil, serta lokasi shooting sinetron drama Korea ada di sini. Para artis tersebut terlihat sering berbelanja di beberapa butik dan supermarket, atau sekadar nongkrong di kafe. Selain itu Cheongdam juga merupakan tempat tinggal orang kaya Korea serta bintang K-Pop  seperti Jang Dong Gun, Park Joon Hoon dan Ahn Sung Gi, Shin Hyun Joon, Yoon Tae Young dan Im Yoo Jin. 


            Anda bisa mendatangi tempat ini untuk melakukan walking tour menelusuri jalan-jalan yang pernah dipakai untuk syuting film Alice in Cheongdam atau lokasi syuting video klip Gentleman milik PSY. Selain itu Anda bisa berfoto-foto di depan gedung  atau bahkan nongkrong menunggu artis yang mungkin saja keluar dari gedung Cube, JYP atau SM Entertainment. Di kawasan ini, Anda tak sendiri karena banyak wisatawan, terutama remaja putri dari berbagai negara terlihat mondar-mandir sambil membawa kamera serta lensa canggih, atau duduk di kedai kopi di sekitar kantor manajemen artis sambil tetap awas memantau keberadaan artis-artis yang melintas. Bahkan saat seluruh gedung manajemen artis seperti JYP Entertainment sudah dimatikan lampunya, kerumunan penggemar tak menyusut. Mereka terlihat tenang duduk atau berdiri sambil tetap waspada kalau-kalau ada artis lewat. Turis yang datang dan nongkrong di depaan kantor manajemen artis bisa bertahan hingga pukul 04.00 di tengah udara dingin sekalipun.


           



 Cheongdam-dong juga menjadi tempat di mana para bintang K-Pop mempertontonkan aksi panggung pada para penggemarnya.  Sebagai contoh, beberapa waktu yang lalu, salah satu celebrity Korea yang terkenal dengan drama dan juga filmnya (salah satunya The Myth), Kim Hee Seon, meluncurkan katalognya yang berjudul ”Marvelously Kim Hee Seoun”.  Jadi, jika ingin bertemu artis Korea, Anda wajib mengunjungi kawasan ini.



Belajar Membuat Kimchi

            Selain menjadi tujuan wisata belanja,  distrik Gangnam juga dikenal dengan wisata budaya, museum, dan alamnya. Di sini, Anda bisa mengunjungi Kimchi Field Museum yang berada di COEX Mall.  Di museum ini, Anda bisa belajar tentang sejarah kimchi, cara membuat, dan khasiatnya untuk kesehatan. Di museum ini ada ruangan khusus mencoba kimchi dan membeli bahan-bahan kimchi sebagai oleh-oleh. Sementara itu untuk urusan fashion, Anda bisa berkunjung ke Museum Simone Handbag. Ada jutaan dompet dari abad-16 yang dipamerkan di sini. 









Bagi pecinta kebudayaan kuna, Anda bisa mengunjungi Bongeunsa Temple, kuil yang dibangun 794 tahun yang lalu dan merupakan tempat penyimpanan ribuan kitab agama Buddha. Sedangkan beberapa tempat bernuansa alam yang bisa dikunjungi di Gangnam, antara lain Dosan Park, Yangjae Stream, dan sungai Han.
            Gangnam juga terkenal sebagai distrik seni. Anda bisa mengunjungi Seoul Art Center yang rutin menggelar beragam seni dan budaya Korea. Tempat ini terdiri  dari lima gedung pertunjukan yang masing-masing akan menggelar kesenian dengan genre berbeda,  misalnya opera house, music hall.  Dan salah satu yang menarik dari Seoul Art Center adalah Seoul  Callygraphy Art Museum, satu satunya museum di dunia yang fokus mengangkat kaligrafi untuk dipamerkan. Museum ini terdiri dari 10 ruangan pameran yang menampilkan baik kaligrafi tradisional maupun modern, museum ini juga memberikan program belajar menulis kaligrafi Hangeul. Bersebelahan dengan Seoul Art Center ada pusat pertunjukkan National Center for Korean Traditional Performing Arts yang terdiri dari dua studio untuk pertunjukkan terbuka dan sebuah museum pertunjukkan kesenian klasik.
            Masih banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi di Gangnam. Distrik ini juga populer dengan bioskop dan toko bukunya. Belum lagi di distrik ini ada beberapa festival populer seperti Gangnam Fashion Festival, dan International Peace Marathon.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar